Pages

Tuesday 1 November 2011

Pembuatan Passpor

..akhirnya selesai juga saya untuk membuat passpor, seperti biasa warga libra selalu banyak "mikir" jadi untuk pembuatan passpor aja gw harus banyak tanya informasi sedetail mungkin karena seperti biasa "gak mau sia sia", dari berkas apa saja yan gharus gw kumpulin sampe lokasi kanim mana yang lebih teratur. Jadi seharusnya gw bisa urus passpor di Kantor Imigrasi wilayah Jakarta Selatan ( yang sekarang berlokasi di TB. Simatupang karena di jalan buncit sedang renovasi sementara ) tetapi karena banyak teman yang menyarankan untuk urus passpor di daerah Jakarta Timur, maka minggu kemarin tanggal 26 October berangkatlah gw ke Kanim Jakarta Timur (rempitawati gw ya bok). Betul informasi dari temen gw bahwa di Kanim Jaktim lebih teratur dan rapih tidak padat seperti di Kanim Jaksel dan yang paling penting adalah teratur.

Ternyata mengurus pembuatan passpor tidak sulit seperti yang gw bayangkan sebelumnya, asal dokumen lengkap dan semua sudah foto copy semua pasti beres, dokumen yang harus dibawa adalah :
1. Kartu Keluarga ( asli + foto copy )
2. KTP ( asli + foto copy )
3. Ijazah (biasanya SMU bukan universitas) ( asli + foto copy)
4. Akte Kelahiran ( asli + foto copy )
5. Buku nikah untuk yang sudah menikah ( asli + foto copy )
6. Surat referensi dari perusahaan tempat bekerja
note :
usahakan KTP dan buku nikah di masing masing di-foto copy satu halaman saja, kemarin gw foto copy buku nikah hanya lembar depan tanpa lembar yang ada foto-nya jadi ya harus turun kebawah untuk foto copy ulang bayarnya hanya Rp.500 saja. 

Biaya untuk pengurusan passpor hanya Rp. 255.000 plus formulir Rp. 12.000 total Rp. 267.000 sudah beres, jadi hilangkan lah niat menggunakan jasa calo ya (sayang duitnya :p), oh ya di kanim Jaktim para petugasnya sangat helpfull dan ramah jadi jangan takut kalau bingung pasti mereka menjelaskan dengan baik.
Kuncinya percaya diri kita dateng langsung ke ruangan pengurusan passpor, kemudian kita ke loket pembelian formulir, seperti ini formulirnya :
formulir seharga 12rb
Setelah kiti isi data di formulir tersebut, masuk ke ruang tunggu langsung dikasih nomer sama petugas yang sedang duduk di depan ( seperti CS ) kemudain kita tunggu antri sampai dipanggil ( kurang lebih 10 menit ) untuk penyerahan dokumen foto copy, kalau sudah lengkap kita dikasih nomer untuk kembali lagi untuk melakukan pembayaran passpor plus foto+wawancara ( biasanya 3 hari kemudian ).
ruang tunggu Kanim Jakarta Timur
Pembayaran passpor-pun dilakukan secara tertib dan antri, begitu pula dengan foto dan wawancara, oh ya kalau mau tidak lama antri usahakan pagi pagi sudah dateng (maksimal jam 08.30 sudah sampai lokasi) dengan begitu selesai pembuatan passpor pun tidak lama, kemarin gw dateng jam 08.30 selesai jam 10.30, lumayan lebih lama dari penyerahan dokumen yang hanya butuh waktu 30 menit. Tapi semua itu worth it kok asalkan kita dateng pagi..inget ya harus pagi!!.

no antri bayar passpor
nomer antri untuk foto+wawancara
Setelah proses semua selesai passpor bisa diambil 3 hari kerja, simple kan yaaa :), selamat membuat passpor ya dan tips penting buat yang akan bikin passpor adalah : dateng pagi biar gak antri, bawa dokumen lengkap (asli plus foto copy) dan bawa uang cash untuk pembayaran passpor.

No comments:

Post a Comment