Pages

Wednesday 2 February 2011

Cashflow Sederhana

Yihaaaaa entah kenapa gw selalu terdampar pada para blogger Anggi, Indah, dan Bheboth dan selalu baca postingan terbaru tentang financial, nah mumpung masih awal bulan dan awal tahun pula jadi pas banget dengan mengkoreksi cashflow gw.
Cashflow terdiri dari 2 item penghasilan dan pengeluaran , nah biasanya orang lebih mudah mengingat pengeluaran daripada penghasilan. ada case banyak orang lebih besar pengeluaran sehingga di akhir bulan ujung ujungnya utak atik tabungan (itu namanya defisit) . Kalau pengeluaran saja sudah deficit ( itupun belum termasuk pengeluaran untuk tabungan atau investasi) lalu kapan jangka panjang dipikirin? coba mampir ke web ini atau ini dijamin Insya allah pengetahuan akan financial tercapai amiinnnn .
Cashflow sederhana :
- Pastikan : total cicilan hutang ga lbh dr 30%, pengeluaran rutin&non rutin: 30-50% tergantung jumlah  keluarga. Invest/nabung= 20 - 40%.
- List pengeluaran rutin: zakat, listrik,makanan,hp, internet, transportasi, gaji ART dll. (pengeluaran wajib)
- List cicilan : cicilan hutang kartu kredit, KPR,KTA
- List pengeluaran tahunan : asuransi , kebutuhan hari raya.
- List pengeluaran non rutin : entertainment, makan di luar, jalan2 
- Pastikan punya dana darurat minimal 6 x pengeluaran rutin perbulan ( nah ini susah bgt ngumpulinnya )

Biasanya cashflow kita akan rusak untuk hal yang kecil atau biasa kita sebut dengan printilan (hadoh bahasanya) nah ini juga harus diperhitungkan, teteuuppp harus disiplin menabung dan berinvestasi. Ingat dengan kebiasaan yang baik bisa membuahkan hasil yang manis *BIGsmilleee* oh ya sekali lagi beda ya pengertian menabung dangan Investasi. 
Menabung = Menyimpan Uang sedangkan Investasi = Mengembangkan Uang .

Gambar diambil dari sini


No comments:

Post a Comment