Pages

Tuesday 1 March 2011

Jatuh dari tempat tidur dan efeknya....

Tanggal 22 Feb kemarin andra jatuh dari tempat tidurnya, tumben banget andra bangun tidur tanpa bersuara. Menurut cerita eyangnya Andra jatuh pertama jidat kemudian jungkir balik salto..fiuhhhh gak kebayang sakit punggungnya yaa secara masih kecil banget jatuh pake salto pula. Seperti biasa pulang kantor aku jemput dan langsung gendong sambil pegang tangan andra agak sumeng tapi gw berusaha mendenied-nya sambil dalam hati gw berdoa semua akan baik baik saja. Ternyata pikiran positif gw salah karena andra tiba2 panas suhu badannya sekitar 38.9derajat, panik? pasti..tapi gw berusaha untuk tenang karena seperti yang aku baca blog doktersehat bahwa demam pada anak tidak perlu terlalu dikuatirkan, karena penyebab demam banyak jenisnya  ( belum tentu penyakit yang harus diobati ) cukup kontrol suhu panas pada anak dan beri asupan cairan lebih banyak. suhu badan andra meninggi lagi jam 22.00 akhirnya aku nyerah demi tidur pulesnya aku kasih sanmol drop 0.6ml dan alhamdulillah gak sampai 10menit suhu andra langsung turun jadi 36.8derajat, dan pada jam 03.30wib aku pegang tangan dan kepala andra suhu badan andra panas lagi sampai 38.9derajat tapi aku gak kasih sanmol drop dengan alasan tunggu sampai 1 jam kedepan dan Alhamdulillah andra turun suhu badannya sampai pagi.

Bagaimana sikap kita pada anak saat demam ?
•  Tetap tenang dan jangan panik
•  Suhu normal pada bayi 0-6 bulan adalah 36.5 - 37.5 derajat celcius 

•  Bila anak tetap mau makan, minum, berkatifitas seperti biasa, kemungkinan dia tidak  membutuhkan obat penurun panas.
• Pakaikan baju yang tipis atau pakaikan hanya pakaian dalam sehingga anak akan melepaskan panas lewat  kulitnya.
• Kompres anak dengan menggunakan air hangat pada dahi, leher, ketiak, dada. 
• Jangan menggunakan alkohol sebagai kompres anak. Alkohol dapat menyebabkan kehilangan panas terlalu cepat sehingga menyebabkan intoksikasi atau keracunan alkohol.
• Berikan anak cairan ekstra berupa air, jus, atau susu. Apabila anak tidak mau minum, berikan anak cairan apapun yang dia inginkan.

Sumeng Andra ternyata bertahan sampai siang tapi aku yakin banget andra sumeng bukan karena sakit, tapi yang namanya Ibu kok ya deg deg-an juga yaaa, akhirnya aku memutuskan untuk pergi ke dokter klinik anakku dr.Bambang Supriyanto, menurut dokter Bambang semua bayi mengalami panas sangatlah wajar  dari umur 0 - 1th jadi tidak usah terlalu kuatir, dan ketika aku tanya hubungannya jatuh dari tempat tidur dengan panas menurut beliau sih tidak ada itu hanya kebetulan....jadi ya aku manggut manggut aja ya dokk :p. Gak tau kenapa ya kok aku sugesti banget sama dokter Bambang ini, secara personal pinter,baik,ramah,santai, dan jayusnya gak nahaaannn jadi gak bikin orang tua panik, dan satu lagi yang terpenting beliau gak gampang kasih obat, kalau perlu kasih obat ya dikasih kalau nggak ya dia cuma bisa kasih suggestion positif ke pasien.
Karena Andra suka meler alias pilek (kadang kadang sih) jadi aku minta resep obat untuk batuk pilek-nya.

Lega banget liat andra sehat sekarang, dan aktif berangkang kesana kesini. Kebahagiaan terbesar yang dimilikkin seorang Ibu adalah ketika melihat anaknya sehat dan normal. Subhanallah :)


No comments:

Post a Comment