Pages

Tuesday 30 November 2010

perjuangan menuju asi ( tdk ) eksklusif

Enam bulan yg lalu kiandra althaf ghanni lahir di rs.hospital cinere dgn berat 3,5kg...amzing alhamdulillah subhanallah kiandra lahir dgn sehat dan normal, melalui process sectio. Terus terang kiandra tidak melalui proses imd karena operasi dilakukan jam 22.00 dgn rasa tegang (krn ketuban pecah dan blm siap lahiran) membuat badan gw freezz bgt. Saat itu gw bener2 kedinginan dan memang tdk comfort utk memberi imd krn ruang operasi yg duingin parah.
Hari pertama (setengah hari deng) gw di ruang perawatan msh gliyeng2 dan kiandra-pun blm ada disamping gw ( haduuuuhhh gw berasa hilang separuh nyawa )... daaann sp akhirnya andra dibawa ke ruang perawatan gw. Sennnnnneeeeeeennnnnggg liat anak yg gw kandung selama 9 bulan keluar dan chubbbyyy bgtt :))

Tiba sesi kiandra menangis dan gw disuruh nyokap utk menyusui...apa yg terjadi? Asi gw blm keluar...bahkan hr ketiga di rs-pun asi gw blm ada tanda2 keluar :(( sedih? Pasti!! Kecewa? Pasti!! Sp akhirnya tengah malem andra nangis sejadi2nya, dan akhirnya si mas memutuskan utk diberi sufor atas persetujuan kita berdua hrs td tgn di surat pernyataan rs bahwa kami ortu yg mengijinkan pemberian sufor, jujur hati gw ketika itu perih krn pencernaan anak gw dikasih sufor ahhhh tp perasaan itu gw buang jauh karena yg gw dan si mas pikir saat itu adalah "jangan idealis sm asi" kalao memang belum bisa kasih ya udh gpp nanti kita usaha lagi.

Ketika andra pulang sp rmh sendiri apakah gw msh memberi dia sufor? Ya!! Krn gw merasa asi gw gak cukup utk andra (pengetahuan salah bgtttt). Dgn sekuat tenaga gw berusaha memberi asi ke andra sp puting lecet,berdarah,ngletek, perrriiihh dahsyat...jd di minggu pertama gw ksh asi ke andra menahan ngilu atas dan bawah, rasanyaaa? Pgn nangissss dan gak mau nyusuin lg krn sakiitt :'(. Perjalanan msh panjang gw laluin hari demi hari utk merangsang produksi asi. Rasa sakit ketika menyusui hilang ketika mama mertua support dan ibu gw sendiri yg "marahin" gw utk ksh asi padahal setiap andra nangis gw gak mau nyusuin (kebayang sakitnya PD).

Alhamdulillah perjalanan berlalu selama 2 bulan 2 minggu gw mulai cari tau utk pumping asi stok selama kerja.  Nahhh disini lah gw menemukan kesulitan, gw bingung,gw cemas krn gw tinggal di rmh sendiri dgn 1 pembantu dan andra gw yg pegang. Disitu gw merasa kewalahan disatu sisi gw merawat andra disatu sisi gw pgn pumping tp andra gak ada yg jaga. Akhirnya setiap malampun gw beraksi dibantuin simas yg jaga andra, ketika andra bangun tengah malam minta susu selalu gw ksh sufor krn ketika itu gw gak ngerti manajemen asi (bodohhhh).

Jadi sp sekarang umur 6 bulan andra masih minum asi tapi bukan asi eksklusif 6 bulan, tp menurut gw eksklusif atau tidak semua tergantung ibu-nya mau menjalani proses ini proses dimana harus melalui yg sakit sakiiiittt...klo nggak ya mereka blm usaha dan gampang bilang "gak asi ah" atau "asi gw sedikit". annnndddd asi itu hak anak setujuuuu...tp msh byk cara utk membesarkan anak bukan hanya dgn asi. Kampanye ttg kehebatan asi bolehhh tp jg pikirkan kpd ibu2 yg tdk bs memberikan asi krn berbgai faktor. Gw percaya bahwa anak yg tdk dpt asi bukan anak yg kurang ksh sayang.

andra dan ibu menjelang tidur malam
I love Kiandra sooooo muchhhhhh..love love from ibu :* sehat selalu ya nak

No comments:

Post a Comment