Pages

Monday 23 January 2012

Joker

Novel ini gw beli hari Rabu dan baru sempet baca hari minggu kemarin, hanya butuh waktu beberapa jam saja untuk menuntaskan novel yang "keren" ini. Jujur penulis favorit pria gw bertambah setelah Adhitya Mulya dan sekarang Valiant Budi alias Vabyo, novel pertama yang gw beli berjudul " Kedai 1001 Mimpi" yang tulisannya berupa trus story dimana penulis benar pernah mengalami kejadian sebagai TKI di negara Arab Saudi, jadi Tag line di novel tersebut adalah "lifestyle". Dari novel pertama tersebetu gw makin suka sama gaya tulisan vabyo yan gcerdas dan exactly he is so smart, btw memang semua penulis itu ternyata pintar dalam mengolah lingustik-nya dengan baik bahkan sempurna plus pengetahuan yang sangat luas. "Two Thumbs Up" for him.

Beda dengan novel "lifestyle' yang kemarin dia tulis, kali ini Vabyo menerbitkan novel kedua berjudul "Joker" yang mana di buku ini baru menjelaskan gaya tulisan Vabyo yang lucu tapi kreatif penuh puisi tapi tetap sisi smart-nya ditampilkan.

Outline Joker sendiri tentang tokoh utama yang bernama Brama adalah seorang manusia berkepribadian ganda ( satu sisi dia pria jantan - satu sisi ternyata dia adalah homoseksual ), dengan kepribadian ganda yang dia miliki pada akhirnya dia sadar bahwa dia harus memilih sebagai pria jantan yang mencintai tokoh Mauri gadis cantik yang dia idam idamkan) atau tetap pada pribadi sebagai homoseksual. Intinya Brama adalah biseksual dimana dia bisa berhubungan seksual dengan banyak pria dan juga pada saatnya dia mencintai wanita yang dari dulu dia incar bernama Mauri. Homoseksual yang dia jalani bukan karena materi seperti pelacur laki laki tapi murni karena pribadi gandanya yang harus melampiaskan hasrat terhadap banya pria,
Endingnya sih pada akhirnya Brama berhasil membuat mauri tertarik dan akhirnya Brama harus melepaskan status "homo" nya kepada tokoh "ganda" yang dia sebut sebut sebagai Aliya, dan seketika dia ucapkan untuk berpisah kepada teman "laki"nya bernama Dimas, karena terbakar api cemburu yang akhirnya dimas mencelakai Brama pada saat perjalanan di jalan Tol cipularang Bandung.

Mungkin bagi sebagian orang "tidak menyangka" ending dari novel tersebut, tapi gw karena sudah membaca judul "Joker" (punya muka dua atau pribadi ganda) dan ketika baca di awal halaman tokoh Brama dan Alia sangat samar tidak jelas seperti tokoh lainnya, dengan mudah gw tebak bahwa isi novel tersebut tentang homoseksual. Overall gw suka sama gaya tulis Vabyo yang lucu-vulgar-apa adanya-puitis-dan Smart!!.

Highly recommended utnuk para pecinta novel nih :p. Buku ini mengantarkan Budi nominasi Penulis Muda Berbakat dari Khatulistiwa Award 2007.

No comments:

Post a Comment